Langsung ke konten utama

Mengungkap Misteri Void Century, Abad Yang Hilang Dalam Sejarah Dunia


Void century masih menjadi misteri yang belum terpecahkan dalam dunia One Piece, dan sepertinya penggemar setia One Piece harus bersabar hingga alur cerita terakhir untuk memecahkan misteri ini. Walaupun demikian, fakta demi fakta mulai terungkap seiring berjalannya cerita, yang akan saya rangkum dalam postingan kali ini.

Apa itu Void Century?

Void century (abad kekosongan/abad yang hilang) merupakan suatu kejanggalan yang ada dalam sejarah dunia One Piece, dimana ada suatu masa yang tidak tercatat dalam sejarah dan abad tersebut dianggap telah hilang dari sejarah dunia. Masa yang disebut-sebut sebagai void century tersebut berlatar waktu sekitar 900 hingga 800 tahun yang lalu. Hingga saat ini abad tersebut benar-benar dilupakan oleh dunia dan dianggap tidak pernah ada. Bahkan tidak ada sedikitpun catatan sejarah mengenai masa 100 tahun tersebut, satu-satunya petunjuk yang dapat mengungkap sejarah yang hilang tersebut hanyalah Poneglyph, yang merupakan peninggalan langsung dari mereka yang hidup pada zaman itu. Namun sayangnya, pemerintah selalu melarang semua aktivitas yang berusaha meneliti abad yang hilang tersebut ataupun membaca Poneglyph, sampai-sampai pemerintah memusnahkan seluruh penduduk Ohara. Pemerintah selalu beralasan bahwa pengetahuan mengenai abad tersebut dapat membangkitkan Ancient Weapon (senjata kuno) yang bisa mengakibatkan kehancuran dunia. Namun alasan tersebut bukanlah alasan utama mengapa pemerintah dunia melarang segala bentuk penelitian tentang void century.

Apa yang terjadi selama abad yang hilang tersebut? Mengapa bisa tidak tercatat dalam sejarah?

Untuk mengetahuinya, kita harus memperhatikan kembali asal mula Poneglyph dan Pemerintahan Dunia. Poneglyph merupakan peninggalan langsung dari mereka yang telah hidup pada abad tersebut, yang dibuat oleh klan Kozuki dari negeri Wano. Poneglyph tersebut dibuat dari batu yang tidak dapat dihancurkan, seperti yang dikatakan Nekomamushi.


Lalu, mengapa Poneglyph yang dibuat harus menggunakan bahan yang tidak dapat dihancurkan? Hal ini terjawab melalui penelitian yang telah dilakukan oleh Professor Clover dari Ohara. Sebelum Ohara dihancurkan, Clover pernah mengatakan bahwa Poneglyph dibuat dengan menggunakan batu yang tidak dapat dihancurkan oleh karena suatu alasan. Mereka berharap tulisan-tulisan yang telah mereka buat dapat dibaca oleh generasi-generasi dibawah mereka, bahkan hingga berabad-abad setelah mereka. Dan mengapa mereka harus melakukan hal ini? Itu karena mereka memiliki musuh, dan Ponegylph tersebut dapat menjadi peninggalan terakhir mereka jika mereka dikalahkan oleh musuh. Mungkin saja masa 100 tahun ini adalah peperangan besar antara mereka dengan musuh mereka.


Lebih lanjut, Clover mengatakan jika kita asumsikan orang-orang tersebut kalah dengan musuh, maka musuh mereka tersebut akan kembali melanjutkan hidup mereka. Dan uniknya, 800 tahun yang lalu Pemerintahan Dunia didirikan. Jika disimpulkan, maka kerajaan-kerajaan yang akhirnya bergabung dan mendirikan Pemerintah Dunia merupakan musuh dari orang-orang yang meninggalkan Poneglyph tersebut dan Pemerintah Dunia lah yang menghapuskan kejadian selama 100 tahun tersebut.


Kenapa keberadaan abad tersebut harus ditutup-tutupi oleh pemerintah?

Hal ini akan menjadi hal yang menarik untuk dibahas. Menurut perkataan Clover, ada suatu negeri (kerajaan) yang selalu disebut-sebut dalam Poneglyph, dan kerajaan inilah yang menjadi musuh dari kerajaan-kerajaan yang akhirnya mendirikan Pemerintahan Dunia. Dan karena sejarah, keberadaan, dan tujuan dari kerajaan tersebut dapat mengancam eksistensi Pemerintahan Dunia, maka pemerintah selalu menutup-nutupi hal tersebut serta melakukan segala cara agar tidak ada yang mengetahuinya.


Apakah kerajaan kuno tersebut masih ada hingga saat ini?

Tidak ada bukti yang secara jelas mengatakan bahwa kerajaan ini masih ada hingga saat ini, bahkan kita juga tidak sempat mengetahui nama dari kerajaan tersebut berrhubung Clover langsung ditembak mati saat hendak mengatakannya. Namun berdasarkan petunjuk-petunjuk yang ada, saya menyimpulkan bahwa kerajaan itu memang masih ada, seperti halnya Ancient Weapon (senjata kuno) yang juga masih ada hingga saat ini. Dan berdasarkan petunjuk-petunjuk tersebut, saya memperkirakan bahwa kerajaan kuno tersebut adalah Raftel. Kok bisa?
Yang pertama, jika Poneglyph adalah peninggalan orang-orang yang hidup pada abad void century, mengapa mereka meninggalkan Road Poneglyph? Mengapa harus ada 4 Road Poneglyph yang ujung-ujungnya mengarahkan kita ke suatu titik, Raftel? Ini merupakan suatu petunjuk bahwa sejarah yang sebenarnya dapat kita temukan di Raftel, yaitu kerajaan kuno itu sendiri.


Yang kedua, Inuarashi mengatakan bahwa Gol D. Roger dan krunya merupakan satu-satunya orang yang dapat mengetahui keberadaan Raftel sejak ratusan tahun. Hal ini mengkonfirmasi bahwa Raftel ini memang bagaikan "tidak ada" bagi dunia semenjak berdirinya Pemerintahan Dunia tepatnya 800 tahun yang lalu.


Yang ketiga, Kinemon mengatakan bahwa Kozuki Oden yang berlayar bersama Roger ke Raftel mengetahui "secret of that world". "That world" berarti merujuk kepada Raftel, dan "secret" yang dimaksudkan mungkin saja fakta bahwa Raftel adalah kerajaan kuno yang telah berdiri sejak void century.


Yang keempat, Crocus pernah mengatakan bahwa satu-satunya orang dalam sejarah yang bisa mengkonfirmasi keberadaan Raftel adalah Roger dan krunya. Hal ini merujuk kepada fakta bahwa Raftel memang merupakan kerajaan telah dihapuskan dari sejarah dunia, dan saat ini tidak diketahui ada keberadaan pulau bernama Raftel di dunia. Crocus juga menyebut Raftel sebagai "Island of legends"



TL;DR: Void century merupakan abad yang dihapus dari sejarah oleh Pemerintah Dunia. Satu-satunya peninggalan dari abad tersebut adalah Poneglyph. Pemerintah dunia selalu menyembunyikan kebenaran tentang void century karena keberadaan suatu kerajaan kuno pada abad tersebut. Kerajaan kuno tersebut merupakan musuh dari kerajaan-kerajaan yang akhirnya mendirikan Pemerintahan Dunia, sehingga segala pengetahuan mengenai kerajaan kuno tersebut dapat mengancam eksistensi Pemerintahan Dunia. Hingga saat ini diperkirakan kerajaan kuno tersebut adalah Raftel, yaitu pulau yang selama ini hanya bisa dicapai oleh Gol D. Roger dan krunya.

Komentar

Popular posts

Inilah Peta Dunia One Piece Sebenarnya!

Bagi para penggemar One Piece mungkin istilah seperti East Blue, North Blue, West Blue, South Blue, Calm Belt, Red Line, Grand Line, New World sudah tidak terdengar asing lagi. Namun banyak juga yang masih sulit membayangkan bagaimana letak tempat-tempat yang terhampar di dunia One Piece tersebut. Pada postingan ini, saya akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai wilayah-wilayah tersebut dan memperlihatkan bagaimana letaknya dalam dunia One Piece. 1. East Blue East Blue adalah lautan pertama yang diperkenalkan di dunia One Piece. Di lautan inilah Luffy memulai petualangannya dan berhasil merekrut Zoro, Nami, Usopp, dan Sanji. Tempat-tempat seperti Foosha Village, Orange Town, Syrup Village, Baratie, Cocoyashi Village, Loguetown, Tequila Wolf merupakan bagian pulau-pulau yang berada di lautan ini. East Blue dikenal sebagai lautan paling lemah dibandingkan yang lainnya. Bahkan Shiki mengatakan bahwa keputusan untuk mengeksekusi Gol D. Roger di East Blue ad

Perbedaan Nico Robin Sebelum dan Setelah Timeskip

Timeskip memang membawa perubahan bagi semua anggota kru Topi Jerami, tak terkecuali Nico Robin. Perubahan besar yang dialami Robin sebelum dan sesudah timeskip adalah kepribadiannya. Jika kita amati, Robin sebelum timeskip merupakan sosok yang penyendiri, misterius, tertutup, dan jarang terlihat tersenyum. Tidak banyak ekspresi wajah yang kita lihat dari seorang Robin sebelum timeskip. Namun setelah melewati masa timeskip 2 tahun bersama pasukan Revolusioner, ia terlihat lebih terbuka, sering tersenyum, dan menunjukkan beberapa ekspresi yang tidak pernah kita lihat sebelumnya. Bahkan Robin juga beberapa kali memiliki imajnasi yang lucu di dalam pikirannya. Ia tampak lebih bahagia setelah timeskip. Gak percaya? Coba aja lihat perbandingannya! Sebelum timeskip Setelah timeskip Terlihat kan bagaimana perubahan kepribadian Robin yang begitu drastis? Sebenarnya apa ya yang terjadi dengannya selama timeskip? Apakah pengalamann

Momen Paling Emosional Di One Piece!

Tak bisa dipungkiri lagi, One Piece telah menjadi Animanga yang melegenda dan dapat membawa kembali kenangan-kenangan masa kecil kita. Dan terkadang Oda justru sengaja memasukkan momen-momen yang membuat kita terharu, bahkan sampai menangis! Jika kamu ingin bernostalgia, coba deh lihat momen-momen emosional ini: 1. Sanji meninggalkan Baratie Setelah sekian lama tinggal di Baratie dan dibesarkan oleh Zeff, akhirnya Sanj meninggalkan Baratie untuk menggapai cita-citanya. Kebayang kan gimana rasanya. Bahkan Sanji sampai berlutut dan menangis ketika mengucapkan salam perpisahan. One Piece Chapter 68, Episode 30 2. Shanks menyelamatkan Luffy Momen Shanks menyelamatkan Luffy adalah momen pertama yang membuat penggemar One Piece terharu. Demi menyelamatkan Luffy, Shanks rela kehilangan tangan kirinya. Bayangkan betapa pentingnya tangan untuk seorang bajak laut, apalagi menggunakan pedang One Piece Chapter 1, Episode 4 3. Perpisahan dengan Vivi Setelah

Mengenal Lebih Dekat Tiga Pedang Andalan Roronoa Zoro

Roronoa Zoro "Si Pemburu Bajak Laut" memang dikenal dengan keganasan dan keahliannya dalam menggunakan tiga pedang atau biasa disebut dengan Santoryu. Seperti pendekar pedang pada umumnya, jenis dan karakteristik suatu pedang merupakan hal yang penting untuk dikuasai pemiliknya. Saat ini Zoro memiliki tiga pedang dengan karakteristik dan jenis yang berbeda-beda, yaitu Wado Ichimonji, Sandai Kitetsu, dan Shusui. Namun seperti apa sejarah, jenis, dan karakteristik dari ketiga pedang tersebut? 1. Wado Ichimonji Pedang yang satu ini merupakan pedang yang selalu dimiliki Zoro sejak awal cerita, sementara dua pedang lainnya telah rusak dan beberapa kali mengalami pergantian. Pedang ini mempunyai kualitas yang sangat baik, bahkan termasuk dalam 21 O Wazamono (21 Great Grade Swords) dan bertipe "Straight Sword". Selain itu, pedang ini juga memiliki sejarah tersendiri bagi Zoro. Pedang ini merupakan pedang yang digunakan oleh Kuina, teman masa kecil Zoro, dalam perta

Berapakah Nilai Mata Uang Belly Dalam Rupiah?

Belly merupakan mata uang utama yang diberlakukan dalam dunia One Piece. Namun kira-kira berapa sih nilai mata uang Belly dalam dunia nyata? Kali ini saya akan coba memperkirakan nilai mata uang Belly jika dikonversi dalam Rupiah, dan tentunya dengan menggunakan petunjuk-petunjuk yang ada dalam cerita. Dengan pertimbangan Eiichiro Oda tinggal di Jepang, dapat kita asumsikan bahwa Oda mengukur nilai mata uang Belly menurut nilai mata uang negaranya yaitu Yen. Lantas, apakah 1 Belly sama dengan 1 Yen? Mari kita buktikan mulai dari petunjuk yang paling jelas dan mudah dibandingkan dengan mata uang asli, yaitu harga kubis. Pada suatu kesempatan, Sanji terlihat sedang membeli kubis dengan harga 150 Belly.  Menurut suatu situs berbasis Jepang, Tanutech, harga kubis yang dijual di supermarket berkisar di angka 138 Yen. Tapi ingat, itu adalah harga kubis yang dijual di supermarket. Sedangkan Sanji tidak terlihat membeli kubis di supermarket, melainkan lebih mirip dengan pasar. D

Mengapa Shanks Bisa Kehilangan Tangan Kirinya?

Salah satu pertanyaan besar dalam dunia One Piece adalah "Mengapa Shanks bisa kehilangan tangan kirinya?". Semua penggemar One Piece memang tahu bahwa Shanks kehilangan tangan kirinya demi menyelatkan Luffy dari serangan monster laut, seperti yang ada dalam masa lalu Luffy. Namun hal tersebut bukanlah pertanyaan yang sesungguhnya. Pertanyaan yang sebenarnya dimaksud para penggemar One Piece adalah: "Bagaimana bisa seorang Shanks kehilangan tangan kirinya hanya karena monster laut yang sangat lemah?" Beberapa teori mengatakan bahwa itu merupakan kesalahan Eiichiro Oda di awal karirnya, yaitu membuat Shanks kehilangan tangannya demi menyelamatkan Luffy. Menurut teori tersebut, Oda tidak berencana untuk membuat cerita One Piece menjadi panjang sehingga tidak terpikirkan akan ada Yonko dan Shanks merupakan salah satunya. Memang benar Oda pernah mengatakan bahwa ia tidak menduga One Piece akan menjadi cerita yang panjang, namun belum tentu ia tidak merencakan S

Apa Yang Terjadi Pada Mata Kiri Zoro?

Setelah terpisah selama 2 tahun, banyak perubahan dari kru Topi Jerami baik secara kemampuan maupun fisik. Dan salah satu yang paling disorot adalah luka pada mata kiri sang pendekar pedang, Roronoa Zoro. Sampai postingan ini diterbitkan memang belum terungkap apa penyebab luka di mata kiri Zoro tersebut, namun dapat dipastikan Zoro mendapat luka tersebut selama timeskip 2 tahun. Dengan kata lain, Zoro mendapat luka tersebut selama berlatih dengan Mihawk di Kuraigana Island. Namun apakah luka tersebut didapat secara sengaja atau tidak sengaja? Lalu apakah Zoro masih bisa membuka mata kirinya atau tidak? Sampai sejauh ini masih belum ada yang tahu pasti, namun muncul beberapa teori mengenai luka pada mata kiri Zoro tersebut. Setidaknya ada 3 teori yang membahas mengenai luka tersebut: 1. Hasil pertarungan di Kuraigana Simpelnya, luka yang didapat Zoro adalah akibat dari tebasan Mihawk di Kuraigana (atau Humandrill, atau makhluk lainnya). Mata Zoro buta. Tidak ada mi

Mengungkap Fakta dan Rahasia Yang Tersembunyi Dibalik Inisial D

Sejak awal cerita One Piece, kita telah mengetahui bahwa nama lengkap Luffy adalah Monkey D. Luffy. Hingga saat ini, setidaknya ada beberapa karakter lain yang diketahui juga memiliki inisial D tersebut. Nama-nama tersebut adalah Monkey D. Dragon, Monkey D. Garp, Gol D. Roger, Portgas D. Ace, Portgas D. Rouge, Jaguar D. Saul, Marshall D. Teach, dan yang terbaru adalah Trafalgar D. Water Law. Namun apakah inisial D tersebut hanyalah singkatan nama lengkap mereka? Sebelum menarik kesimpulan, mari kita lihat beberapa fakta mengenai "D" tersebut. 1. Diwariskan melalui garis keturunan Seperti yang kita ketahui, inisial D tidak sembarang diberikan kepada seseorang namun diwariskan melalui garis keturunan. Sebagai bukti, mari kita lihat silsilah keluarga dari para penyandang inisial D tersebut. Monkey D. Luffy merupakan anak kandung dari Monkey D. Dragon, seorang pria yang merupakan anak kandung dari Monkey D. Garp. Portgas D. Ace (bernama asli Gol D. Ace) merupakan anak k

Anggota Terbaru Kru Topi Jerami?

Saat ini banyak spekulasi mengenai siapa yang akan menjadi anggota terbaru kru Topi Jerami. Tapi kira-kira siapa sih yang akan segera bergabung sebagai kru Topi Jerami? Nefertari Vivi, Carrot, Bartholomeo, dan Jinbe merupakan beberapa nama yang paling sering diucapkan ketika membahas persoalan ini. Namun berdasarkan bukti-bukti dan petunjuk yang ada, nampaknya Jinbe adalah kandidat terkuat untuk bergabung bersama Luffy cs. Sedikit pengenalan, Jinbe adalah ras manusia ikan dan merupakan salah satu pengikut Fisher Tiger dalam kru Bajak Laut Matahari. Setelah kematian Fisher Tiger, ia memilih untuk meneruskan cita-cita Fisher Tiger agar ras manusia ikan dapat hidup damai dan berdampingan dengan manusia tanpa adanya dendam atau kebencian, lalu mengambil alih peran Fisher Tiger sebagai kapten Bajak Laut Matahari. Jinbe juge pernah menjadi salah satu Shichibukai demi menyelamatkan teman-temannya dan menaikan derajat manusia ikan di mata dunia. Selain itu, Jinbe juga memilih